Warga Palembang Diminta Bijak Manfaatkan Teknologi Digital

Sumseltimes.com – Masyarakat terutama generasi muda, dituntut bisa memahami pemanfaatan teknologi digital. Ini penting agar mereka bisa memanfaatkan peluang di era global saat ini. 

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Edison, yang jadi narasumber dalam peluncuran kegiatan literasi digital dengan Tema “Indonesia Makin Cakap Digital” bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informartika , di Hotel Novotel, Palembang, Jumat (21/5/2021)

Program ini bertujuan membekali warganet dalam berinteraksi di ruang digital baik dari segi etika, kemampuan, keamanan dan budaya digital.

Menurut Edison, teknologi digital bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif dan berdampak pada kemajuan masyarakat. 

“Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang cepat, akurat, jelas dan mencerahkan. Apalagi di masa pandemi saat ini. Pemanfaatan teknologi digital sangat terasa manfaatnya,” kata Edison. 

Dia mencontohkan, karena pandemi, aktivitas masyarakat secara tatap muka jadi terbatas. 

Dengan memanfaatkan teknologi digital, aktivitas bisa dilaksanakan di dunia maya, secara online, dan seterusnya. 

Yang tak kalah penting, Edison menambahkan, adalah bijak memanfaatkan kemajuan teknologi digital, sesuai fungsinya dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Edison melanjutkan, Pemkot Palembang juga akan memanfaatkan teknologi digital untuk membuat aplikasi data yang bisa diakses masyarakat. 

“Semua data di OPD akan kita berikan seperti misalnya dari PUPR mengenai berapa panjang jalan provinsi, jalan nasional, jumlah sungai, jumlah wisatawan, tempat wisata, termasuk juga data covid-19 dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Editor: WW