Tokopedia Dorong UMKM Lokal Lewat Inisiatif Hyperlocal

Sumseltimes.com – ‭Perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia yang kini‬ terdiri dari lebih dari 10 juta penjual dan hampir 100%nya UMKM, kembali menegaskan keberpihakannya kepada pegiat usaha lokal melalui inisiatif ‭hyperlocal‬.

“Tokopedia fokus mendukung pegiat‬ usaha‭ ‬lokal‭ ‬untuk‭ ‬terus‭ ‬mengembangkan‭ ‬usaha.‭ ‬Ini‭ ‬merupakan‭ ‬cerminan‭ inisiatif hyperlocal‭ ‬Tokopedia‭ demi‭ ‬mewujudkan‭‬ misi‭‭ ‬pemerataan‭ ‬ekonomi‭ ‬secara‭‭ ‬digital‭ di‬ Indonesia,” kata Head of Regional Growth‬ Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, Senin (15/3/2021).

Trian bersama lebih dari 100 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), yang dipimpinnya di‭ ‬Tim‭ RGX‭ ‬Tokopedia,‭ ‬membantu‭ ‬UMKM‭ ‬lokal‭ ‬‬di‭ ‬seluruh‭ ‬penjuru‭ ‬Indonesia meningkatkan daya saing bisnis-khususnya di tengah pandemi-lewat pemanfaatan teknologi, agar dapat meraja di negeri sendiri.

“Kami‭ ‬menyadari‭ ‬pentingnya‭‭ ‬peran‭ ‬UMKM‭ ‬ lokal‭‭ ‬dalam‭ ‬menggerakkan‭ ‬perekonomian daerah, maka kami terus memberikan pendampingan dan edukasi, misal dalam bentuk webinar, bagi pebisnis baru. Tokopedia juga kerap mengadakan‭ ‬community‭ gathering‬ melalui media sosial yang bisa menjadi wadah bagi para penjual untuk saling bertukar informasi,” jelasnya.

‘KTP’ Tokopedia Bantu Kenaikan Transaksi UMKM Lokal >6x Lipat

Beragam program pun dihadirkan, salah satunya ‭Kumpulan Toko Pilihan (KTP)‬, yang dimulai‭ ‬pada‭ ‬Oktober 2020 silam. 

“Program‭ ‬ini‭ bertujuan‭ ‬mempermudah‭ ‬ ‭ ‬masyarakat mendapatkan‭ ‬beragam‭ ‬produk‭ ‬dari‭ ‬penjual‭ ‬setempat‭ ‬sekaligus‭ ‬membantu mempertahankan ‭bisnis‭ ‬dan‭ ‬berkontribusi‭ ‬ke‭ ‬perekonomian‭‭ ‬daerah,” ‭lanjut Trian.

Sejak awal diadakan, kenaikan transaksi pada penjual yang berpartisipasi di program KTP berhasil meningkat hingga 5 kali lipat‬.‬

‭‭Boho Baby‬, salah satu pegiat usaha lokal asal‬ Semarang‭ ‬yang‭ ‬menjual‭ ‬berbagai‭ perlengkapan‭ ‬bayi,‭ ‬mencatatkan kenaikan‬ transaksi hingga 6 kali lipat karena mengikuti program KTP Tokopedia‭.‬

Selain itu, jumlah pembeli baru di Tokopedia di kota-kota yang menjadi fokus Tim RGX seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar, juga meningkat ‭hingga 11x lipat.‬

Trian dan tim juga konsisten berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah‭ ‬daerah,‭ ‬demi ‭mengakselerasi‭ ‬adopsi platform‭ digital‭ ‬bagi sebanyak-banyaknya UMKM lokal. Misalnya melalui kegiatan online, seperti ‭Jatim Fair‬ dan ‭Festival‬‬ Produk Lokal Kota Batu.‬

“Tokopedia bangga karena bisa ikut menyaksikan dengan dekat bagaimana UMKM lokal terus berupaya‭ ‬mempertahankan kelangsungan‭ bisnis serta lapangan‭ ‬pekerjaan terutama di tengah pandemi seperti ini,” ungkap Trian.

Selama pandemi, ‭penjual‭ ‬di‭ ‬Tokopedia yang hampir‭ ‬100%nya‭‬ ‭UMKM ‭lokal, diketahui mengalami peningkatan dari yang semula berjumlah lebih dari 7,2 juta penjual (Januari 2020) menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

Editor: WW