RSUD Sekayu Gelar Operasi Jantung Terbuka dan Tuntaskan 12 Pasien

Sumseltimes.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali berhasil melakukan operasi jantung terbuka untuk dua pasien, Sabtu (27/3/2021). 

Dua pasien bernama Shezan Laiqa Enzi (1 th) Alamat 12 Ulu Palembang yang diagnosa patent ductus arteriosus (PDA), dan Laras Lusiana (22 th) asal Desa Tugu Mulyo Lempuing OKI, diagnosa artial septal defect (ASD).

Direktur Utama RSUD Sekayu, Makson Parulian Purba, mengungkapkan kesuksesan setiap operasi jantung yang dilakukan di RSUD Sekayu tak lepas dari dukungan penuh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang terus meningkatkan sarana prasarana serta faslitas. 

“Kita patut apresiasi upaya yang telah dilakukan Bupati dan tim dokter demi keselamatan dan kesehatan yang tidak hanya bisa dirasakan masyarakat Muba tetapi juga seluruh masyarakat Sumatera Selatan, bahkan komitmen yang konsisten dari pak Bupati Dodi Reza untuk mewujudkan Pusat Rujukan Jantung Provinsi Sumsel mendapat Bantuan BNPB yaitu alat ECMO yang bisa di gunakan untuk komplikasi gagal nafas akibat COVID-19 dan komplikasi operasi jantung”, kata Makson, Senin (29/3/2021).

Di lain kesempatan, Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan selamat kepada tim dokter serta turut mendoakan kedua pasien agar segera sembuh.

“Semoga lekas sembuh dan bisa berkumpul dengan keluarga serta beraktifitas dengan normal,” harapnya.

Dodi menambahkan, kesuksesan setiap operasi jantung terbuka, mendudukkan RSUD Sekayu sebagai kiblat operasi jantung di Sumsel dan mewujudkan RSUD Sekayu pusat rujukan jantung Sumsel.

“Dengan sarana dan prasarana serta tim medis yang dimiliki RSUD Sekayu, Insha Allah bisa mengakomodir pelaksanaan operasi jantung terbuka,” pungkasnya.

Sementara spesialis Bedah Jantung RSUD Sekayu, Gama Satria, saat dikonfirmasi awak media menyebutkan operasi jantung kali ini adalah yang ke 11 dan 12.

“Total sudah 12 pasien operasi jantung yang dilakukan di RSUD Sekayu,” ujar Gama.

Gama mengatakan operasi yang berjalan kurang lebih lima jam tersebut berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah kita kembali berhasil melaksanakan operasi jantung terbuka kali ini. Keberhasilan ini karena didukung dengan fasilitas yang lengkap dan tim doker yang mempuni,” pungkasnya.

Editor: WW