RSMH Palembang Tambah Ruangan Isolasi Pasien Covid-19

Sumseltimes.com – Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang terus melakukan peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya yakni penambahan ruang ICU isolasi pasien Covid-19.

Direktur Utama RSMH Palembang Bambang Eko Sunaryanto, menjelaskan 9 ruangan diresmikan, jadi saat ini RSMH Palembang telah memiliki 19 Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 atau Ruang bertekanan udara negative.

Sebelumnya, RSMH Palembang telah memilki 10 Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19.

“RSMH Palembang masih membangun lagu 7 Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 yang masih dalam proses penyelesaian. Sehingga jumlah ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 RSMH sebanyak 26 ruangan,” katanya, Kamis (20/5/2021).

Bambang melanjutkan bahwa ruangan ICU Covid-19 atau ruangan isolasi bertekanan udara negatif ini akan mengurangi kontak tenaga medis secara efektif sehingga menurunkan kemungkinan penularan.

“Ruangan ICU Covid-19 atau Ruang bertekanan udara negative. ruangan isolasi yang dilengkapi alat khusus untuk menghisap aerosol, sehingga jika ada aerosol di dalam ruangan, tidak akan sampai keluar,” ujarnya.

Ruang yang telah didesain dengan sedemikian rupa, agar tekanan dalam ruangan tersebut lebih rendah dibandingkan tekanan udara di luar ruangan. 

Dengan kondisi tersebut, udara yang berada dalam ruangan bertekanan negatif tidak akan bisa keluar melalui bukaan celah atau pintu.

Sementara untuk menghasilkan sebuah ruangan yang bertekanan negative maka udara yang keluar dari ruangan tersebut haruslah lebih besar dibandingkan kapasitas udara yang masuk ke dalam ruangan ungkap beliau.

Editor: WW