Pemkab Muba dan TNI Bangun Jalan Hubungkan 23 Desa di Lalan

Sumseltimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin dan Kodim 0401/Muba mengucurkan Rp14,9 miliar untuk membangun jalan yang menghubungkan 23 desa di Kecamatan Lalan. 

Kerjasama ini merupakan program sinergi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021 Pemkab Muba.

Komandan Kodim 0401/Muba, Letkol (Arh) Faris Kurniawan, mengatakan besarnya program pembangunan dan anggaran yang ada, membuat pihaknya melakukan pekerjaan terlebih dahulu dari jadwal yang telah ditetapkapkan.

“Jadwal sebenarnya TMMD ke-111 yakni pertengahan Juni hingga pertengahan Juli mendatang. Namun, kita lebih dahulu memulai karena pembangunan yang besar harus dilakukan. Kita mulai pra TMMD sejak awal Maret lalu,” katanya, Selasa (23/3/2021).

Program TMMD tahun ini, lanjut Faris, dari 45 Km jalan yang ada, pihaknya melakukan pembangunan 27,9 Km jalan dan 2 jembatan komppsit dengan lebar 3 meter serta panjang 40 meter, lalu 3 buah Box Culvert.

“Kita sudah bekerja dua minggu terakhir, hasilnya cukup baik, pembangunan jalan sudah 26 persen dan pembangunan 2 jembatan sudah 15 meter. Jalan yang dibangun ini nantinya menghubungkan 23 desa di Kecamatan Lalan, tentu ini berkat dukungan yang sangat maksimal dari pak Bupati Dodi Reza,” jelasnya.

Kegiatan TMMD sendiri merupakan suatu bentuk nyata pengabdian TNI AD dalam pembangunan yang ada di masyarakat desa dalam bentuk sinergitas antara TNI dengan komponen bangsa lainnya.

“Kami Kodim 0401/Muba memohon bantuan khususnya dari masyarakat Lalan agar program TMMD berjalan baik. Kegiatan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai rencana. Tapi kami tidak bisa bekerja sendiri, butuh bantuan dari masyarakat dan seluruh komponen,” beber dia.

Selain sasaran fisik, Faris juga menegaskan, dalam pelaksanaan TMMD ke-111 Muba, terdapat pula sasaran non fisik. Dimina pihaknya bekerjasama dengan Polri dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Muba, agar melaksanakan kegiatan di Lalan, seperti vaksinasi dan lainnya.

“Kita dapat dukungan penuh dari Pemkab Muba dan masyarakat Lalan yang mengubahkan tanah mereka untuk pembangunan jalan. Jadi, amanah ini harus dipertanggung jawabkan,” katanya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan, TMMD merupakan program yang sangat menyentuh masyarakat hingga ke kawasan pelosok. 

“Oleh sebab itu, Pemkab Muba merasa sangat penting memberikan support yang maksimal, tentu ini demi warga masyarakat Muba,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Muba, Herman Mayori, menambahkan pihaknya berharap saat program TMMD ke-111 benar-venar dimulai pengerjaan fisik telah mendekati akhir.

“Ya mudah-mudahan saat TMMD pertengahan Juli sudah 100 persen pengerjaan fisiknya selesai. Dilakukan pra karena pengerjaan cukup kompleks dan ekstrem,” tukasnya.

Editor: WW