Palembang Luncurkan Aplikasi Satu Data

Sumseltimes.com – Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meluncurkan Aplikasi Satu Data Palembang.

Aplikasi Satu Data Palembang merupakan aplikasi yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat guna mendapatkan informasi terkait data-data dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Edison, mengatakan, aplikasi satu data menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia.

“Dan ini cikal balal untuk menjadi Satu Data Indonesia. Tentunya, aplikasi ini bisa dipergunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kota Palembang,” kata Edison, usai peluncuran aplikasi itu, di rumah dinas Wali kota, Rabu (2/6/2021). 

Ia menerangkan, data yang disajikan melalui Aplikasi Satu Data Palembang tersebut merupakan data akurat yang mudah diakses serta dapat dipertanggung jawabkan.

“Data-data yang disajikan ini bisa dipublish, karena memang ada juga data yang tidak bisa dipublish atau data yang dikecualikan,” ungkapnya.

Edison juga menyampaikan, bahwa aplikasi tersebut dapat diakses langsung oleh masyarakat melalui website satudata.palembang.go.id.

“Semua data-data di semua OPD yang bisa disajikan itu tersajikan semua. Mulai dari panjang jalan, jumlah sungai, jumlah perumahan, jumlah ruang terbuka. Semuanya bisa dilihat dengan mengakses website tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda yang hadir dalam kegiatan Launching Aplikasi Satu Data Palembang mengungkapkan apresiasinya kepada setiap orang yang dinilai telah bekerja keras untuk mengumpulkan setiap data.

“Setelah sekian lama, semua data telah dikumpulkan dari seluruh OPD, baik di tingkat kecamatan ataupun kelurahan. Dan hari ini Alhamdulilah sudah dilaunching Aplikasi Satu Data Palembang. Harapan kita, masyarakat bisa lebih mudah mengakses data terkait Kota Palembang,” ujar Fitrianti

Fitrianti juga mengungkapkan, bahwa banyak hal yang disampaikan di dalam aplikasi tersebut. Mulai dari kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, data statistik, data kependudukan dan lain sebagainya.

‘Dan tentu ini menjadi tolak ukur yang sangat penting bagi kota Palembang, dimana kita harus continue melaksanakan kegiatan pembangunan percepatan pelayanan, khususnya yang bisa dirasakan masyarakat melalui satu data yang terapadu di Dinas Komunikasi dan Informatika ini,” kata Fitrianti. 

Fitri juga berharap, aplikasi yang telah dihadirkan tersebut dapat betul-betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Menurutnya, jika punya data, target dan tujuan serta program lebih mudah untuk diwujudkan. 

Fitrianti melanjutkan, saat ini data-data di portal satu data sudah 90 persen lebih. Sisanya segera dilengkapi. 

“Dan kita memaklumi saja. Tetapi ini sambil berjalan. Pada intinya, data-data ini nanti akan tersaji dengan lengkap. Dan masyarakat, baik itu swasta bisa mengakses data ini dengan cepat dan lebih akurat,” pungkasnya.