Muba Dapat Bantuan Alkes Energi Terbarukan dari Jerman

Sumseltimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan reward dari salah satu perusahaan Alat Kesehatan (Alkes) di Jerman Solarkiosk Solution dengan Swiss Re Foundation sebagai donatur. 

Award tersebut yakni dengan diberikannya donasi berupa satu set Independent Energy Health Center Based On Solar Energy (Solar KIOSK) dan juga bantuan lainnya untuk pencegahan covid-19. 

“Alat ini adalah suatu alat lengkap pelayanan kesehatan yang menggunakan energi terbarukan yakni energi matahari (solar cell),” kata Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Jumat (26/3/2021).

Dodi menjelaskan, alat pelayanan kesehatan yang di dalamnya ada laboratorium untuk tes covid-19. 

“Akan ada juga 3.840 unit clinitest Rapid Tes antigen dengan akurasi 97 persen. Energy Health Center Based On Solar Energy (KIOSK) nantinya untuk kebutuhan operasional pelayanan kesehatan di Kabupaten Muba,” tambahnya.

Dengan adanya kolaborasi ini, dimana untuk pertama kalinya ada sebuah pusat kesehatan yang menggunakan tenaga surya dan sistemnya juga smart. 

Ini merupakan sebuah yang unik dengan action kita menyelamatkan kehidupan masyarakat dari pandemi, juga sebuah konsep dari pusat kesehatan masyarakat yang ramah lingkungan dan berbasis teknologi. 

“Saya dan warga masyarakat Muba berterima kasih atas bantuan tersebut untuk kebutuhan warga Muba,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah, mengatakan bantuan berupa satu set Independent Energy Health Center Based On Solar Energy (Solar KIOSK) sangat bermanfaat untuk operasional Puskesmas serta dalam upaya penanganan covid-19. 

“Alat ini sangat bermanfaat guna menunjang operasional puskesmas Muba, apalagi satu set alat kesehatan ini menggunakan energi terbaruka. Dan di Indonesia hanya Kabupaten Muba dan Kabupaten Tulang Bawang yang mendapatkan alat ini,” tukasnya.

Editor: WW