Herman Deru Dorong Musi Rawas dan Muratara Tingkatkan Pembangunan di Desa Tertinggal

Sumseltimes.com – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendengarkan langsung paparan dari Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) Ratna Machmud dan Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Devi Suhartoni dengan program pembangunan infrastruktur di ruang tamu Gubernur Sumsel, Senin (8/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Herman Deru memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel berupaya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur secara merata di 17 Kabupaten dan kota di Sumsel.  

Salah satu caranya  dengan mengucurkan Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) secara proporsional bagi setiap daerah dengan memprioritaskan mengangkat potensi di masing-masing daerah agar menjadi ikon yang eye catching. 

“Dua kabupaten ini butuh sentuhan secara khusus kalau perspektif kita melihatnya dari angka kemiskinan, kita bedah dulu persoalanya. Bahwa Mura memiliki desa tertinggal sangat banyak, Muratara hasil pemekarannya. Apa yang menyebabkan kemiskinan itu adalah biaya hidup yang tinggi,  infrastruktur yang tidak memadainya, sehingga konektifitas terhambat,” katanya. 

Herman Deru menghimbau kepada Bupati Musi Rawas dan Bupati Muratara menentukan kembali program mana yang bersifat superprioritas, prioritas, dan program yang regular. Dijelaskannya secara rinci, program superpriotas adalah program pembangunan yang mangkrak dan sangat dibutuhkan warga.

Sementara Kategori proritas ditujukan bagi pembangunan fisik yang menjadi sorotan mata masyarakat. Sedangkan untuk kategori regular merupakan pembangunan rutin tahunan yang menjadi tanggungjawab Kabupaten dan Kota.

“Bapak dan ibu Bupati baru buat yang eye catching yang sifatnya dapat dirasakan masyarakat. Saya ingin membantu bapak,  ibu Bupati untuk mendapat trust dari masyarakat, melalui Bangubsus,” tambahnya.

Dalam paparannya Bupati Muratara Devi Suhartoni mengatakan, Muratara adalah Kabupatwn muda yang sedang giat membangun dan membuat masyarakat sejahtera dan bahagia.

Menurutnya, sasaran program di 2021 adalah untuk meningkatnya potensi dan daya saing sektor unggulan terhadap perekonomian daerah, dimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan. 

“Permasalahannya persentase kemiskinan tertinggi, IPM kategori sedang, dan sebagai daerah tertinggal akan berpengaruh dengan angka Sumsel. Oleh sebab itu Bupati dan Wakil Bupati Muratara mempunyai semangat, strategi, dan kebijakan menyelesaikan permasalahan tersebut. Muratara sangat membutuhkan bantuan dan dukungan Gubernur Sumsel,” katanya.

Sementara, Bupati Kabupaten Musi Rawas, Ratna Machmud dalam paparannya mengusulkan program prioritas Musi Rawas antara lain program anggaran BPJS bagi masyarakat untuk mencapai tujuan program Universal Health Coverage (UHC), kemudian percepatan pembangunan infrastruktur dan pasar sebesar dan Pembanguna rumah sakit Muara Beliti.

Editor: WW