Gubernur Sumsel Lantik Rosidin Sebagai Pj Bupati PALI

Sumseltimes.com – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melantik Rosidin sebagai Pj Bupati Kabupaten Penukal Abab Pematang Ilir (PALI) di Griya Agung Palembang, Rabu (24/3/2021).

Dalam sambutannya, Herman Deru mengatakan pelantikan ini sudah sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang. Ia berpesan agar Pj Bupati dapat segera melaksanakan tugasnya menjalankan roda pemerintahan di PALI. 

Selain itu, pihaknya Pj Bupati dan Forkopimda PALI dapat mempertahankan status zero konflik di Sumsel yang sudah sangat terjaga hingga saat ini. 

Termasuk juga mengantarkan proses demokrasi sebaik mungkin pada penyelenggaraan PSU nantinya serta memberikan hak-hak demokrasi yang semaksimal mungkin kepada masyarakat. 

“Jangan karena 4 TPS ini kondusifitas Sumsel dan status zero konflik kita jadi rusak. Tapi Pj Bupati juga harus tetap netral,” kata Deru. 

Deru menilai sosok Rosidin saat ini adalah yang paling pas mengomandoi PALI. Pasalnya, tak hanya pernah menjabat Kepala Dinas Sosial tetapi juga pernah menjabat Kepala Kementerian Agama Sumsel dan terakhir menjadi Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Provinsi Sumsel. 

Tak hanya itu, terhitung sejak menjadi Pj Bupati, Rosidin menurutnya juga otomatis menjadi Ketua Satgas Covid di PALI.

Maka dari itu ia meminta agar dalam penanganan covid-19, Rosidin tidak berat sebelah melainkan proporsional baik dalam menangani dampak kesehatan, dampak ekonomi maupun dampak sosial. Menurutnya masa jabatan Pj ini berlaku paling lama satu tahun. 

“Kenapa respon cepat ini dilakukan  karena pelayanan masyarakat dan pengelolaan keuangan daerah harus berjalan makanya Saya segera melantik Pj yang berkewenangan sama dengan Bupati,” jelasnya. 

Adapun pelantikan itu sendiri ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan dari Kemendagri, dilanjutkan dengan pembacaan petikan naskah pelantikan serta penyematan tanda jabatan dan penandatanganan fakta integritas. 

Editor: WW